Tips Menanam Tomat di Musim Hujan Paling Jitu Terbaru

Tips Menanam Tomat di Musim Hujan Paling Jitu Terbaru

Nusabudidaya – Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa berbuah sepanjang tahun, namun bagaimana jikalau musim hujan tiba, apakah tomat masih bisa berkembang secara optimal layaknya musim kemarau? . Perlulah Anda mewaspadai terhadap segala jenis penyakit yang menyerang tomat saat musim hujan tiba, sebab saat musim hujan tomat sangat rentan sekali terhadap penyakit, jika tak segera di tangani pastilah petani akan gagal panen hingga merugi.

Nah, bagi yang memutuskan untuk menaman buah tomat saat musim penghujan, jangan risau, sebab bila cara menanam tomat di musim hujan dilakukan secara tepat dan cermat hasilnya pun akan optimal. Tak perlu bingung, bagaimana tips menanam tomat di musim hujan yang baik dan benar, berikut kami share triknya paling jitu yang bisa menambah Anda wawasan dalam hal tanam menanam.

Trik Jitu Menanam Tomat di Musim Penghujan agar Cepat Panen

  1. Cara budidaya tomat di musim hujan yang pertama Anda lakukan adalah memilih bibit yang unggul dan tepat. Kategori variates tomat yang unggul ini yaitu tahan terhadap segala jenis penyakit dan bakteri
  2. Upayakan untuk membuat saluran drainase selancar mungkin saat pengolahan lahan, sebab drainase yang lancar bisa menstimulus pertumbuhan buah tomat secara lancar, namun sebaliknya jika saluran drainase tersumbat akan menyebabkan serangan layu busuk yang di ebbakan oleh bakteri pseudomonas corrugate. Selain itu juga akan menyebabkan segala jenis penyakit lain masuk dan menginfeksi tanaman tomat Anda
  3. Upayakan untuk segera menyemprotkan air bersih setelah buah tomat diguyur air hujan. Sebab hal ini mampu mencegah masa inkubasi dan perkembangan penyakit yang mengganggu tumbuh kembang buah tomat, yang disebabkan karena percikan air hujan dari tanah.
  4. Banyak sekali jenis fungisida yang bisa mencegah hawar daun, nah upayakan untuk memilih jenis fungsida secara tepat guna membuat daun tak mudah terkena bercak bakteri.
  5. Jika tanaman tomat Anda ada yang terinfeksi penyakit, upayakan untuk melakukan sanitasi segera mungkin sebelum melakukan penyemprotan fungisida. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penularan terhadap tanaman tomat lain serta memutus perkembangan jenis penyakit yang menyerang pada tanaman tomat Anda
  6. Supaya setiap tanaman buah memiliki sirkulasi yang baik, upayakan untuk membuat jarak antar tanaman sekitar 50 hingga 60 cm. Sebab selain melancarkan sirkulasi pada setiap tanaman tomat, hal ini juga akan mencegah terjadinya pecah buah sebab hingga saat ini belum ada jenis variates buah yang tak mengalami pecah buah.

Itulah mengenai tips budidaya tomat di musim hujan yang bisa Anda pelajari dengan seksama sebelum memutuskan untuk menanamnya. Selain mudah terserang penyakit tentunya akan menyebakan Anda merugi jikalau tak mengetahui kiat budidaya tomat di musim hujan secara tepat ini.

Related Posts

Add Comment