Unsur Hara Makro dan Fungsinya

9 views

Unsur hara tanamanUnsur hara makro adalah unsur unsur yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah yang besar, kekurangan unsur hara makro ini dapat menyebabkan tanaman terganggu pertumbuhannya. Terdapat 7 jenis unsur hara makro yang dibutuhkan tanamanm, yaitu :

Carbon

Carbon merupakan unsur hara yang berfungsi dalam pembentukan jaringan tubuh tanaman. Hal ini dikarenakan carbon merupakan pembangun bahan organik. Carbon diambil tanaman berupa CO2  dari udara yang kemudian diproses melalui Fotosintesis, Hal ini lah yang menyebabkan tidak perlu dilakukan lagi pemupukan menggunakan pupuk Carbon.

Nitrogen

Nitrogen merupakan unsur hara makro utama yang memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan tanaman. Nitrogen sangat diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian bagian vegetatif tanaman seperti daun, batang dan akar tetapi jika diberikan terlalu banyak justru dapat menghambat pembungaan dan pembuahan ada tanaman.

Fungsi unsur hara makro nitrogen secara lengkap adalah :

  1. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman
  2. Dapat menyehatkan pertumbuhan daun, daun tanaman lebar dengan warna yang lebih hijau, kekurangan N menyebabkan khlorosis (pada daun muda berwarna kuning)
  3. Meningkatkan kadar protein dalam tubuh tanaman
  4. Meningkatkan kualitas tanaman penghasil daun daunan
  5. Meningkatkan berkembangbiaknya mikroorganisme dalam tanah.

Tanaman mendapatkan nitrogen dari tanah yang diserap akar dalam bentuk NO3 (nitrat) dan NH4 (amonium) akan tetapi nitrat ini segera tereduksi menjadi amonium melalui enzim yang mengandung molibdinim. Apabila unsur hara nitrogen tersedia banyak di lingkugnan maka tumbuhan dapat mensintesis protein dan karbohidrat yang lebih banyak.

Fosfor

Di dalam tubuh taaman fosfor terdapat dalam bentuk phitin, nuklein dan fosfatide yang merupakan bagian dari protoplasma dan inti sel. Inti sel tentu sangat penting bagi kehidupan tanaman karena banyak proses sel diatur olehnya, contohnya adalah pembelahan sel. Unsur hara ini diambil tanaman dalambentuk H2PO4 dan HPO4.

Fosfor ini memiliki fungsi bagi tanaman, antara lain :

  1. Dapat mempercepat pertumbuhan akar semai
  2. Dapat mempercepat serta memperkuat pertumbuhan tanaman muda menjadi taaman dewasa
  3. Dapat memercepat pembungaan dan pemasakan buah, biji atau gabah
  4. Dapat meningkatkan produksi biji bijian.

Terdapat 3 sumber unsur hara ini ditanaman yaitu :

  1. Dalam bentuk batu kapur – fosfat
  2. Dalam bentuk sisa tanaman dan organisme lainnya
  3. Dalam bentuk pupuk buatan.

Kalium

Kalium merupakan unsur hara yang dapat dikatakan tidak menjadi elemen yang langsung membentuk bahan hal organik. Tetapi unsur hara makro ini memiliki fungsi dalam membantu :

  1. Pembentukan protein dan karbohidrat
  2. Mengeraskan jerami dan bagian kayu dari tanaman
  3. Meningkatkan resistensi tanaman terhadap penyakit
  4. Meningkatkan kualitas biji / buah

Tanaman mendapatkan kalium dalam bentuk K+. Menurut penelitian, kalium banyak terdapat pada sel sel muda dan bagian tanaman yang banyak mengandung protein. Pada sel, unsur hara ini terdapat sebagai ion di dalam cairan sel dan merupakan bagian penting dalam melaksanakan turgor yang disebabkan oleh tekanan osmotis. Selain itu ion kaliung mempunyai fungsi fisiologis khususnya ada asimilasi, yang berarti apabila tanaman sama sekali tidak mendapatkan kalium maka asimilasi akan terhenti.

Ada 4 sumber utama kalium yang ada di tanah yaitu :

  1. Beberapa jenis mineral
  2. Sisa sisa tanaman dan jasad renik
  3. Air irigasi serta larutan dalam tanah
  4. Abu tanaman dan pupuk buatan

Kalsium

Kalsium termasuk unsur hara makro yang essensial, unsur ini diserap dalam bentuk Ca2+. Kalsium banyak terdapat dalam daun tepatnya pada lamella di dinding sel. Selain itu terdapat juga pada batang, berpengaruh baik pada pertumbuhan ujung dan bulu bulu akar. Sehingga jika tidak terdapat pasokan kalsium ke tanaman maka pertumbuhan ujung dan bulu bulu akar akan terhenti sedangkan bagian bagian yang telah terbentuk akan mati dan berwarna coklat kemerah merahan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa unsur hara makro ini :

  1. Ca terdapat pada tanaman yang banyak mengandung protein
  2. Ca ada hubungannya dalam pembuatan protein atau bagian yang aktif dari tanaman
  3. Ca dapat menetralkan asam asam organik yang dihasilkan pada metabolisme
  4. Kekurangan Ca pada tanaman gejalanya ada ada pucuk
  5. Ca penting bagi pertumbuhan akar, sama halnya dengan urium
  6. Ca dapat menetralkan tanah asam, dapat menguraikan bahan organik

Sumber Ca tertama dari batu batu kapur dan sisa sisa tanaman. Di Indonesia banyak tanaman pertanian yang kekurangan Ca sehingga sebelum melakukan penanaman di lahanan petani perlu melakukan pengapuran terlebih dahulu, hasil dari pengapuran tanah ini ternyata sangat memuaskan.

Magnesium

Magnesium diserap dalam bentuk Mg2+, unsur hara makro ini merupakan bagian dari klorofil. Kekurangan magnesium menyebabkan tanaman terkena khlorosis, gejala gejalanya akan tampak pada permukaan daun sebelah bawah.

Mg ini termasuk unsur yang tidak mobile di dalam tanaman dan merupakan salah satu bagian enzim yang disebut Organic pyriphosphatse dan Carboxy peptisida. Kadar Mg didalam bagian bagian vegetatif tanaman jumlahnya sangat sedikit akan tetapi pada bagian generatif seperti dalam buah dan bunga jumlahnya cuku banyak.

Di dalam tanah, Mg berasal dari dekomposisi batuan yang mengandung mineral, seperti misalnya biotit, terpentin, klorit dan olivin. Selain itu, menurut hasil penelitian ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketersediaan Magnesium di dalam tanah seperti temperature, kelembaban, pH dan lainnya.

Sulfur

Unsur hara makro terakhir adalah sulfur yang diserap tanaman dalam bentuk SO4, zat ini merupakan bagian dari protein yang terdapat dalam bentuk cystein, methionin dan thiamine. Sulfur yang larut di dalam air akan segera diseram tanaman. Unsur hara ini sangat dipelrukan taaman (terutama tanaman tanaman muda).

Sumber utama sulfur di tanah terutama dari sisa sisa tanaman dan hewan terutama serangga. Zat sulfur dari sisa sisa ini baru terlepas bilamana telah terjadi pelapukan khsususnya pelapukan dari protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *