Unsur Hara Penyusun Tanaman

7 views

Unsur hara tanahUnsur hara adalah unsur unsur kimia yang di butuhkan tanaman untuk menjalani siklus hidupnya. Tidak lengkapnya unsur hara makro dan mikro dapat mengakibatkan hambatan bagi perkembangan dan pertumbuhan tanaman serta produktivitasnya. Ketidaklengkapan salah satu atau beberapa unsur hara makro dan mikro dapat diperbaiki dengan pemberian pupuk.

Unsur Penyusun Tanaman

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman tersusun dari air (90%) dan bahan kering (10%). Bahan kering tersebut terdiri dari Karbon (C) 47 %, Hidrogen (H) 7%, Oksigen (O) 44%,Nitrogen (0,2 – 2%) serta mineral lainnya.

Berdasarkan analisa, ternyata tanaman itu tersusun dari sekitar 50 elemen atau unsur. Sedangkan yang dibutuhkan tanaman selama masa pertumbuhan dan perkembangannya ada 16 macam yang merupakan unsur hara essensial yang dapat dibagi menjadi unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro relatif banyak diperlukan oleh tanaman, sedangkan unsur hara mikro sama pentingnya dengan unsur hara makro hanya saja tanaman membutuhkan unsur ini dalam jumlah sedikit.

Tanaman mempunyai jaringan jaringan dan memerlukan enzim enzim Jaringan jaringan dibangun dari karbohidrat, lemak dan protein. Unsur hara yang banyak diperlukan bagi pembentukan jaringan adalah karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen dan beleran. Untuk pembentukan enzim pada tanaman dibutuhkan unsur hara besi, mangan, seng, tembaga, boron, molibdinum serta kadang kadang kobalt. Sedang untuk keperluan lainnya tanaman memerlukan Kalium, Magnesium, Kalsium, Natrium, Klor dan unsur unsur elektronik lainnya. Unsur unsur yang diperlukan oleh tanaman ini diserap dari tanah berupa ion ion organik yang sederhana sedangkan C,H dan O diperoleh tanaman dari udara dan air.

Pentingnya Pemupukan

Unsur hara yang telah diserap / diambil tanaman itu harus dipulangkan kembali dengan jalan pemupukan. Pemupukan wajib dilakukan agar produktivitas tanah tidak merosot atau tanah tetap kaya akan unsur hara. Pemupukan ini tentu saja harus ada aturannya dan tidak bisa sembarangan memberikan oleh karena itu pentingnya pengetahuan tentang pupuk dan menaati dosis yang ada pupuk agar pemupukan bisa berdampak positif bagi tanah.

Ada beberapa faktor yang menentukan berapa banyak pupuk yang diperlukan untuk mempertahankan kesuburan tanah, yaitu :

  1. Kesuburan tanah pertanian itu sendiri
  2. Kemasaman tanah
  3. Kelembaban tanah
  4. Tinggi endahnya kadar bahan organik dalam tanah
  5. Kemampuan penyerapan terhadap pupuk (zat zat mineral) dari tanaman tersebut
  6. Faktor iklim

Tentu  petani awam tidak mungkin mengadakan peelitian tentang faktor faktor yang menentukan berapa banyak pupuk yang harus diberikan tersebut. Oleh karena itu mereka kebanyakan hanya menggantungkan persoalan ini kepada para Penyuluh Pertanian Lapangan yang telah mengetahui akan keperluan keperluan ini. Karena PPL iniah yang mengemban tugas untuk menyuluh para petani untuk melakukan aktivitas tani dengan benar.

Kesuburan tanah atau terkandungnya unsur hara pada lapisan permukaan tanah (top soil) selain dapat terjamin karena pemupukan, juga karena dalam tanah berlangsung proses proses dalam pembentukan tanah, yang dalam hal ini sangat berperan faktor faktor iklim, jasad hidup (hewan), bahan bahan induk lainnya sehingga segara unsur yang terangkut tanaman ketika panenan dapat segera diganti atau dipenuhi oleh pupuk yang diberikan dan zat zat hasil pelapukan bahan induk tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *